Melangkah Menuju Profesionalisme Praktik Kerja Lapangan: Mahasiswa Teknologi Elektro-Medis Gelar Kegiatan Lima Kompetensi Dasar

Januari 29, 2024, oleh: superadmin

Pada hari Sabtu, 27 Januari 2024, telah dilaksanakan kegiatan Lima Kompetensi Dasar mengenai penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Acara ini turut diikuti oleh Mahasiswa/I Teknologi Elektro-medis, Program Vokasi Angkatan 2021 (Semester 5). Kegiatan ini memegang peran penting sebagai persyaratan sebelum melibatkan diri dalam Praktik Kerja Lapangan (PKL) Rumah Sakit bagi Mahasiswa/i Teknologi Elektro-medis.Penjelasan materi tentang penggunaan APARSelanjutnya, pada hari Sabtu, 27 Januari 2024, kegiatan setelahnya dilaksanakan Seminar Lima Kompetensi Dasar yang mencakup topik Hand Hygine, Komunikasi Efektif, Service Excelent dan Bantuan Hidup Dasar. Mahasiswa/i i Teknologi Elektro-medis, Program Vokasi Angkatan 2021 (Semester 5), kembali berpartisipasi aktif dalam seminar ini, yang juga merupakan persyaratan sebelum menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Rumah Sakit.Seminar ini diselenggarakan dengan penuh antusiasme dan keseriusan, dimana Ibu Novita Kurniasari, S.Kep., Ns., M.Kep, sebagai pemateri pertama, memberikan wawasan mendalam mengenai Hand Hygiene, Komunikasi Efektif, dan Service Excellent. Pada acara Seminar ini, mahasiswa Teknologi Elektro-Medis antusias menyimak pemamparan Ibu Novita yang salah satunya membahas konsep pelayanan Prima dalam konteks rumah sakit.

Dalam pemaparannya, Ibu Novita membahas beberapa aspek penting yang mencakup sikap, kemampuan, perhatian, tindakan, tanggung jawab, penampilan, dan simpati. Menurut Ibu Novita, konsep pelayanan Prima di rumah sakit melibatkan beberapa faktor kunci, termasuk sikap yang mencakup tutur kata, perilaku, dan penampilan. Selain itu, juga membahas pentingnya kemampuan, baik dalam berkomunikasi maupun dalam menjual ide atau informasi. Mahasiswa diajak untuk mempertimbangkan kemampuan dalam memecahkan masalah dengan cepat, mengelola kecemasan, dan memanfaatkan teknologi informasi sebagai bagian dari pelayanan yang efektif.Dalam konteks perhatian, Ibu Novita menekankan pentingnya memprioritaskan keinginan pelanggan sebagai langkah awal menuju pelayanan yang lebih baik. Ia juga menyoroti arti tindakan nyata (action) dalam memastikan kebutuhan dan keinginan pelanggan terpenuhi. Tidak ketinggalan, konsep tanggung jawab (accountability) juga ditekankan sebagai bentuk sikap keberpihakan terhadap pelanggan dan mitra kerja. Mahasiswa diingatkan untuk menjaga penampilan fisik yang mencerminkan kredibilitas, serta bersikap simpati terhadap pelanggan sebagai bagian tak terpisahkan dari pelayanan Prima.Sementara itu, Bapak Al Afik, S.Kep., Ns., M.Kep, sebagai pemateri kedua, membahas dengan cermat mengenai Bantuan Hidup Dasar. Dalam presentasinya, salah satu pembahasanya, beliau menjelaskan dan mempraktikan tentang Cardiopulmonary Resuscitation (CPR), yang merupakan pertolongan pertama yang diberikan pada seseorang yang mengalami henti jantung.

Dengan adanya kegiatan Seminar Lima Kompetensi Dasar, kami berharap kegiatan ini dapat menjadi landasan ilmu pengetahuan yang kokoh bagi para mahasiswa/I, membekali mereka dengan keterampilan esensial untuk sukses dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) nantinya.